Tentang Ibnu Taimiyah

tentang ibnu taimiyah adalah tokoh yang hidup pada zaman akhir dinasti abasiyah tepatnya abad kedelapan (w.728 H) dimana ketika itu negeri-negeri arab diserang oleh bangsa tartar yang menyerang mereka pada tahun 699 H. oleh karena itu,segala pemikirannya dipengaruhi oleh kebijakan dan intervensi bangsa tartar terhadap negeri arab.

Pengaruh tartar tidak hanya pada politik dan ekonomi saja,Bahkan mencakup pola pikir dan ibadah ritual masyarakat.pada masa tersebut perbuatan bi’dah,pemikiran filsapat,dan mantiq yang menjerumuskan masyarakat sangat berpengaruh.
Ibnu taimiyah sendiri sempat mempelajari filsafat dan mantiq yang hasil akhirnya dia berkesimpulan bahwa filsafat dan mantiq tidak boleh dipelajari ummat islam.

tentang ibnu taimiyah adalah pejuang pena yang banyak membimbing masyarakatnya sehingga ditakuti oleh para pemimpin yang zhalim dan bangsa tartar.kehidupan penuh dengan tantangan sehingga keluar masuk penjara dan bahkan diasingkan.dalam suatu riwayat disebutkan bahwa dia menulis buku lebih dari 300.000 judul buku.pada masa selanjutnya para ulama berusaha mengumpulkan buku-buku tersebut dalam satu judul buku.

Demikian sedikit sajian tentang sosok salah satu Tokoh Islam yaitu tentang ibnu taimiyahwalaupun sangat singkat tapi semoga bermampaat dan saya sangat berharap dari pembaca ada yang mau menambahkan…

Artikel Terkait

Posting Komentar - Back to Content

silahkan berkomentar asal itu untuk kebaikan